.Pilih Bahasa



Cari Jasa Kelistrikan


TIPS DAN SARAN MENCEGAH KEBAKARAN LISTRIK

Posted by enal Sabtu, 25 Agustus 2012 2 comments
Kebakaran yang sering terjadi dimasyarakat banyak disebabkan oleh Listrik, mulai dari lokasi padat penduduk,perumahan, perkantoran bahkan daerah industri. Ada beberapa penyebab kebakaran yang disebabkan oleh listrik, mungkin penyebab-penyebabnya sering kita temui dimasyarakat dan bahkan sering kita lakukan.
Penyebab kebakaran listrik bisa terjadi akibat korsleting listrik (hubung singkat ), Pembebanan peralatan melebihi kapasitas perlatan,pemilihan perlatan listrik yang tidak memenuhi standart atau peraturan ketenaga listrikan dan kelalaian Manusia. Kami dari team Jasa kelistrikan Makassar memberikan beberapa Tips dan Saran bagai mana mencegah kebakaran akibat listrik.

TIPS DAN SARAN :
Perancangan instalasi listrik harus memenuhi standar ketenaga listrikan,di Indonesia dipakai Peraturan Umum Instalasi listrik tahun 2000(PUIL 2000) dan International Electrotechnical Commission (IEC). Ada beberapa  yang perlu diperhatikan dalam instalasi listrik rumah untuk mencegah kebakaran antara lain :
  1. Hindari penggantian MCB (Mini Circuit Breaker) yang berada di KWH meter milik PLN. Apabila     terjadi kerusakan pada MCB(Mini Circuit Breaker) yang berada di KWH meter, hubungi pihak penyedia tenaga listrik (pihak PLN) untuk segera dilakukan pemeriksaan.
  2. Gunakan peralatan listrik yang berkwalitas baik dan memenuhi standart,di Indonesia mengacu pada SNI,SPLN,LMK.Untuk pemilihan material listrik rumah ,lihat tulisan kami sebelumnya “Pilihan material terbaik instalasi listrik rumahan”
  3. Instalasi listrik rumah anda harus memakai pentanahan yang baik, maksimal 5 ohm untuk pentanahannya dan semua instalasi harus terhubung kepentanahan.mintalah hasil pengu ukuran pentanahan dari pihak instalatir yang telah mengerjakan instalasi listrik rumah anda.Pentanahan yang baik akan berpungsi mematikan MCB(Mini Circuit Breaker) bila terjadi hubung singkat (korsleting) pada instalasi listrik rumah anda.Pentanahan ini juga bisa menghindari sengatan listrik akibat peralatan listrik yang diakibatkan kontak bodi pada peralatan listrik,dan akan memperbaiki kinerja peralatan-peralatan elektronika di rumah anda.
  4. Gunakan peralatan listrik sesuai pungsi dan kapasitas peralatan tersebut.Peralatan-peralatan listrik biasanya sudah dilengkapi dengan data-data pemakaian yang tertera pada petunjuk penggunaanya,ada juga yang telah tertera pada peralatan tersebut.
Ada beberapa penggunaan peralatan listrik yang sangat penting kita perhatikan :
  • Hindari pembebanan Kotak kontak secara berlebihan atau bertumpuk ini akan mengakibatkan terjadinya kebakaran pada kotak kontak  dan mungkin bisa meyebabkan kebakaran rumah anda.
  • Hindari pemakaian kabel yang tidak sesuai kapasitas hantar arus nya (KHA),pembebanan kabel yang melebihi kapasitas hantar arus nya akan mengakibatkan panas pada kabel dan bisa mengakibatkan kebakaran pada kabel dan mungkin bisa menyebabkan kebakaran rumah anda .  pilihlah jenis kabel yang baik dan telah memenuhi standart, lihat juga tulisan kami sebelumnya “Pilihan material terbaik instalasi listrik rumahan ”.
  • Perancangan Instalasi listrik  yang baik dan sesuai dengan peraturan umum instalasi listrik tahun 2000 (PUIL2000).Percayakanlah pekerjaan Instalasi listrik kepadah ahli listrik yang benar-benar pengalaman dan mengetahui standart pemasangan instalasi listrik .
Ada beberapa Jenis instalasi listrik yang biasa dipakai dalam instalasi listrik rumahan antara lain :
  • Insatalasi listrik yang memakai Roll Isolator,ini biasanya menggunakan Jenis Kabel NYA, dalam instalasi listrik roll isolator pastikan penggunaan jenis kabel yang benar-benar memenuhi standart karena kabel dipasang tampa pelindung ,untuk menghindari kabel terkelupas.Bedakan warna kabel fase dan netral untuk memudahkan dalam perbaikan dan penambahan instalasi baru,dan pastikan semua sambungan terkoneksi dengan baik karena apabila terdapat sambungan yang longgar akan mengakibatkan bunga api yang bisa mengakibatkan kebakaran.
  • Instalasi listrik yang memakai kabel NYM, instalasi listrik jenis ini biasanya banyak dipakai pada rumah kayu .Pada insatalasi listrik yang menggunakan kabel NYM, pastikan semua sambungan atau percabangan harus berada dalam kotak sambung (Dos) untuk menjaga  dari tetesan air dan  terlepasnya sambungan.Disarankan semua sambungan memakai lasdop untuk isolasinya untuk menghindari terlepasnya sambungan apabila sudah berumur.
  • Instalasi listrik yang memakai pipa conduit,Instalasi listrik jenis ini banyak di pakai pada instalasi rumah permanen,semua kabel instalasi di masukkan kedalam pipa conduit untuk melindungi kabel dari benturan,gigitan hewan(tikus). Insatalasi listrik jenis ini sangat aman karena kabel instalasi benar-benar terlindungi .Untuk instalasi yang di tanam dalam beton atau dinding harus dipastikan kabel yang terpasang bisa dilakukan perwatan dan perbaikan dan cara pemasangannya harus benar-benar baik dan teliti untuk menghindari kerusakan instalasi pada waktu pekerjaan pembetonan.

Jika Anda Berkenan, Bagilah informasi ini kepada teman-teman Anda

Categories:
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Judul: TIPS DAN SARAN MENCEGAH KEBAKARAN LISTRIK
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.jasaelektrikal.com/2012/08/tips-dan-saran-mencegah-kebakaran.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 comments:

Yovi Devitra mengatakan...

Tips yang sangat berharga, thanks :)

Anonim mengatakan...

Terima kasih ,senang bisa berbagi :)

Posting Komentar


Find Us Social Media




Entri yang Diunggulkan

Perakitan Panel Capasitor Bank

Suatu instalasi Listrik gedung,pabrik,tambang memerlukan panel capacitor Bank untuk memperbaiki atau menghindari  transforma...

Entri Populer

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *